Mendidik Siswa MIN 1 Lebih Dekat Dengan Alquran


MALANG - Selama empat hari sejak Rabu (8/5) pekan lalu, Siswa MIN 1 Kota Malang mengikuti program Pondok Ramadan. Kegiatan ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan gema Ramadan 1440 H yang menjadi agenda rutin MIN 1 Kota Malang.
Selama Pondok Ramadan para siswa dilatih dan diajarkan materi keislaman, dengan lebih intensif. Materi yang diberikan lebih kepada pengutan ibadah salat, mengaji Alquran dan menghafal doa sehari hari.
Ketua Gema Ramadan 1440 H MIN 1 Kota Malang, Hasanuddin, M.Pd.I mengatakan, Ramadan merupakan bulan suci bagi seorang muslim untuk melatih diri meningkatkan keimanan dan ketakwaan. Oleh karena itu momentum tersebut digunakan untuk upaya penguatan akidah dan akhlak para siswa. “Yang paling kami tekankan adalah salat. Tidak sekedar  melaksanakannya. Tetapi sampai benar-benar dimengerti makna salat, sehingga berimbas pada kehidupan mereka,” katanya.
Selain itu, lanjut Udin, sapaan akrabnya, siswa juga dibimbing untuk semakin dekat dengan Alquran. Ramadan dijadikan kesempatan untuk menggali pahala sebanyak-banyaknya dengan tilawatil Quran. “Kami ajak anak-anak untuk tadarus Quran, sehingga puasa mereka semakin berpahala dengan tambahan amal membaca Alquran,” terangnya.
Secara rinci, materi selama Pondok Ramadan meliputi puasa, salat, zakat, membaca dan tahfidz Alquran, silaturrahim dan doa sehari-hari. “Semua materi tersebut merupakan materi dasar fikih dan akidah akhlak,” tuturnya.
Selanjutnya pondok ramadan di MIN 1 Kota Malang tidak hanya diisi dengan kegiatan ibadah saja. Melainkan kegiatan lain yang hersifat keterampilan untuk mangembangkan kreatifitas siswa. Seperti mewarna dan membuat kartu ucapan selamat Idul Fitri oleh siswa untuk diberikan kepada orang tua masing-masing. Seperti yang tampak di kelas 4D akhir pekan lalu.
Para siswa terlihat sibuk dengan satu kegiatan mewarna poster. Poster tersebut merupakan kartu ucapan lebaran yang dihiasi dengan lukisan kubah masjid dan kaligrafi.
Di satu sisi ada serangkaian kalimat yang bertuliskan ungkapan hati anak kepada orang tua mereka. Berupa ucapan selamat dan doa kebaikan atas ibadah selama bulan puasa dan menyambut hari Idul Fitri.
Gema Ramadan MIN 1 Kota Malang tahun ini diawali dengan pengajian menyambut bulan Ramadan beberapa waktu yang lalu. Diikuti seluruh guru dan juga siswa. Dengan materi menyambut dan mengisi bulan Ramadan dengan amal-amal kebajikan.
Selanjutnya ada pondok Ramadan, bagi takjil, silaturahim dan ditutup dengan halal bi halal. “Rangakaian acaranya banyak, sampai di bulan syawal nanti dengan agenda halal bi halal,” pungkas Udin. (imm/udi)

Berita Terkait