Mbah Mangku Djati, Penyebar Islam Periode 1600-an


Syeh Maulana Rosidul Ibad merupakan salah satu tokoh di Malang Raya. Memiliki trah Majapahit, pria yang dikenal nama jawa R. M. Partowirjo ini tak sekadar menjadi salah satu tokoh babat alas. Tapi pria yang juga memiliki julukan Mbah Waliyullah atau Mbah Mangku Djati ini juga disebut-sebut sebagai tokoh penyebar agama Islam.
Paling tidak hal ini yang diceritakan oleh Tomo Budiman, juru kunci makam umum, Desa Pakis Kembar, Kecamatan Pakis. Mbah Tomo begitu Tomo Budiman akrab dipanggil menyebutkan, jika Mbah Mangku Djati menyebarkan Islam di Malang Raya pada tahun 1600 an.

Mbah Aruman Mataram, Pengembang Islam Tlogomas


Kawasan Tlogomas Kota Malang yang memiliki sebuah kawasan kecil lainnya yang disebut Karuman ternyata menyimpan penggalan sejarah perkembangan Islam awal di Kota Malang. Hal ini berkaitan dengan salah satu tokoh yang disebut Mbah Aruman, yang makamnya di kawasan Situs Karuman, di Tlogomas Gang 8 Kota Malang.
Mbah Aruman disebut sebagai salah satu tokoh yang melakukan Islamisasi bagi penduduk di Dusun atau Desa kuno Karuman yang kini menjadi kawasan Tlogomas. Sejarawan Kota Malang M. Dwi Cahyono menjelaskan, sejak Hindu – Buddha, Desa Karuman merupakan desa berdikari yang dipengaruhi Hindu-Buddha.

Berita Terkait