Masjid Agung Jami' Malang, Sediakan Takjil untuk Akrabkan Musafir Buka Puasa


MALANG - Memasuki hari ke-10 Ramadan, Masjid Agung Jami' Malang menyediakan takjil dan sajian buka puasa secara gratis. Selain untuk warga sekitar, masyarakat Malang Raya hingga luar kota berkumpul di halaman masjid sambil menunggu waktu buka puasa. Sehingga, tercipta suasana yang hangat dan juga guyub.
Sekitar pukul 16.30, satu persatu jamaah mendatangi masjid yang ada di sekitar Alun-Alun Kota Malang tersebut. Mereka membawa nasi kotak, takjil hingga kue basah. Sekitar pukul 17.00, takjil mulai dibagikan kepada warga dan musafir yang sudah menunggu di halaman masjid. Setelah mengambil takjil, mereka mendengarkan kultum sembari menunggu adzan Maghrib.
Koordinator Pembagian Takjil Masjid Agung Jami' Malang, Budi Prasetyo mengungkapkan, disediakan sebanyak 250 porsi. "Semua sajian buka puasa ini berasal dari seluruh jamaah. Kami menerima semua apapun takjil yang masuk, sedangkan Takmir menyediakan nasi kotak," papar dia.
Setelah menyantap takjil, jamaah melakukan salat maghrib baru kemudian menyantap sajian berbuka puasa dengan nasi kotak yang sudah dibagikan. Mereka juga menyediakan talaman. Satu talam untuk tiga orang. "Setelah itu, jamaah langsung lanjut salat Tarawih dan juga tadarusan," kata dia.
Budi menambahkan, selain mengadakan buka puasa gratis, pihaknya juga mengadakan khataman Quran pada 17 Ramadan, mulai habis Subuh sampai sore menjelang buka puasa. "Malam harinya, ada pengajian. Nantinya, pada malam Lailatul Qadr ada salat malam hingga 29 Ramadan," papar dia.
Salah satu jamaah, Arifina Hapsari menambahkan, setiap buka puasa, ia selalu menyempatkan diri untuk buka puasa di Masjid Agung Jami'. Sebab, lokasinya tidak jauh dsri rumahnya. "Sangat menyenangkan ngabuburit di masjid. Apalagi sama teman-teman, semakin seru," papar dia.
Selain itu, ia mengungkapkan, suasana buka puasa di masjid lebih khusyuk dan membuat kompak dengan teman-temannya. "Rasanya semakin guyub, ibadah juga semakin khusyu. Rasanya damai sekali," tandas dia. (tea/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :