Universitas Widyagama Malang, Peringkat Empat Kampus dengan Penelitian Terbaik | Malang Post

Sabtu, 18 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Jumat, 06 Des 2019, dibaca : 1065

MALANG - Pencapaian membanggakan diraih Universitas Widyagama (UWG). Baru-baru ini, UWG menempati urutan ke-4 dari Pemeringkatan Perguruan Tinggi Berbasis Penelitian oleh Dirjen Penguatan Risbang Kemenristekdikti periode 2016 – 2018 di jajaran perguruan tinggi swasta se-Malang Raya. Secara nasional, UWG menempati nomor 118. Selain itu, naik kluster dari Madya ke Utama.
Sekretaris LPPM UWG, Dra. Wahju Wulandari, MM, mengatakan, tahun ini ada peningkatan untuk penelitian, tetapi untuk pengabdian masyarakat klusternya nomor dua dari atas yakni very good. Naik kluster dari Madya ke Utama ini berdasarkan kinerja dalam periode tersebut.
“Penelitian di UWG saat ini ada 20 judul dan 6 judul pengabdian masyarakat di tahun 2019 ini. Secara nasional ada penurunan, tetapi Alhamdulilah kami masih bisa bertahan, dan penelitian tersebut bervariasi ada bidang eksakta dan humaniora,” ujar Wahju.
Upaya meningkatkan kluster tersebut terutama lebih banyak memfokuskan pada luaran penelitian misalnya jurnal internasional khususnya yang bereputasi (scopus), jurnal terakreditasi nasional, jurnal berISBN, buku, video, paten dan hak cipta. Kenaikan kluster ke utama tersebut memberikan UWG kesempatan untuk mengelola dana penelitian hingga Rp 15 miliar.
Sedangkan saat menduduki kluster Madya beberapa waktu lalu dana yang bisa dikelola maksimal Rp 4 miliar. Namun hal tersebut tergantung dengan kompetisi serta kualitas proposal yang diajukan untuk bisa mendapatkan dana hibah tersebut.
“Seleksinya tetap dari Kemenristekdikti, untuk itu kami berupaya mendorong minat dosen untuk melakukan penelitian, mempersiapkan agar proposal yang diajukan memiliki kualitas yang bagus sehingga harapannya banyak yang lolos,” terangnya.
Untuk itu perempuan behijab ini mengimbau kepada setiap dosen untuk mengikuti pedoman termasuk persayaratan dan proses penyusunan proposal penelitian. Lebih lanjut selama ini kendala yang dialami oleh para dosen UWG untuk mengajukan proposal penelitian tidak dipersiapkan jauh-jauh hari.
“Kemudian seleksinya nasional sehingga dibutuhkan semangat yang tinggi untuk membuat proposal yang berkualitas tersebut,” tandas Wahju. (lin/oci)

Editor : Rosida
Penulis : Linda






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...