Sanusi Serahkan Bantuan Bibit Ayam Jopar pada RTMP

Selasa, 15 Oktober 2019

Jumat, 20 Sep 2019, dibaca : 372 , udi, agung

MALANG - Sebanyak 5.229 Rumah Tangga Miskin Pertanian (RTMP) di Kabupaten Malang mendapat bantuan bibit ayam Joper atau Ayam Kampung Super. Bantuan dari Kementerian Pertanian (Kementan) tersebut diserahkan Kamis (19/9) di lapangan Desa Kademangan, Kecamatan Pagelaran. Bantuan itu diberikan sebagai upaya penanggulangan kemiskinan.
Masing-masing RTMP, mendapat bantuan 50 ekor bibit ayam Joper, 150 kilogram pakan serta obat-obatan. Bantuan secara simbolis diserahkan langsung Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, dengan didampingi Inspektur IV Itjen Kementan drh IGMN Kuswandana, MM, Kepala Pusvetma Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan drh Agung Suganda, M.Si dan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Malang, Nurcahyo.
"Pemberian bantuan bibit ayam Joper ini adalah program pemerintah dalam upaya penanggulangan kemiskinan, melalui program bedah kemiskinan rakyat sejahtera (Bekerja) 2019," ujar Agung Suganda.
Menurutnya, total ada 261.450 ekor bibit ayam Jopar yang dibagikan kepada 5229 RTMP. Semuanya tersebar di 29 desa dari tiga kecamatan. Yakni, Kecamatan Kepanjen ada 8 desa, Pagelaran ada 9 desa, dan Gondanglegi 12 desa.
Selain itu, lanjut Agung, sebelum penyerahan bantuan Pusvetma melakukan verifikasi untuk menetapkan 5.229 RTMP. Selanjutnya, dari hasil verifikasi dilakukan pembentukan unit pengelola kegiatan kelompok (UPKK), untuk penyaluran biaya pembuatan kandang. Setiap RTMP mendapat bantuan Rp 500 ribu untuk membuat kandang.
"Pembuatan kandang ditarget selesai 2 Agustus lalu. Jika dalam satu desa ada satu RTMP yang belum menyelesaikan pembuatan kandang 100 persen, maka penyaluran bibit ayam tidak diberikan dulu sampai pembuatan kandang selesai 100 persen semuanya," jelasnya.
Sementara, Sanusi mengatakan bahwa bantuan ini, sangat tepat bagi para penerima manfaat dalam hal ini RTMP. Bantuan tersebut, sebagai motivasi kepada masyarakat kurang mampu dalam beternak melalui program Bekerja dari Kementan.
"Saya yakin dengan diberikan bantuan ini, para penerima akan termotivasi untuk memelihara bibit ayam untuk dikembangbiakan. Apabila para penerima sukses mengembang biakan ayam bantuan ini, maka akan dapat menekan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," terang Sanusi.
Sanusi berharap, Kementan terus memberikan bantuan kepada masyarakat serta petani di Kabupaten Malang. Begitu juga dengan RTMP, yang mendapat bantuan diharapkan bisa mengembangkan ternak ayamnya. (agp/udi)



Loading...