Sangga Braja Gencarkan Produksi Udeng

Minggu, 22 September 2019

Sangga Braja Gencarkan Produksi Udeng

Rabu, 11 Sep 2019, dibaca : 525 , mp, kris

BATU -  Untuk melestarikan sekaligus menjadi identitas kebudayaan yang masih terjaga di Kota Batu, Udeng khas Kota Batu mulai diproduksi secara masal. Udeng tersebut diproduksi oleh paguyuban tosan aji Sangga Braja.
Sesuai dengan kondisi geografi Kota Batu, udeng ini memiliki model gunung Arjuna pada bagian belakang. Sedangkan untuk motifnya adalah ukel Candi Songgoriti dan Suluran Sumber Cinde.
Sektetaris paguyuban Sangga Braja, Didik Eko Purwanto mengatakan, bahwa saat ini Sangga Braja berupaya terus melestarikan dan mengeksplore udeng khas Kota Batu. Karena itu pihaknya terus mengupayakan untuk produksi secara masal udeng khas Kota Batu ini.
"Setelah dilaunching tahun 2018 lalu. Kami terus mengupayakan agar masyarakat Kota Batu menggunkannya. Tapi dalam produksinya masih terkendala bahan," ujar Didik.
Dari kendala tersebut, ia menjelaskan bahwa sampai saat ini Sangga Braja masih memproduksi 500 udeng. Jumlah itu masih sangat terbatas karena kuantitas SDM masih terbatas pula.
Dengan jumlah yang masih terbatas, tak mengeciutkan niat agar masyarakat menggunkan udeng tersebut. Salah satu caranya,  Pemkot Batu melalui Dinas Pariwisata juga ikut menggencarkan agar pegawainya menggunakan udeng khas Kota Batu.
"Untuk menggencarkan udeng khas Batu ini Disparta juga membuat aturan. Dengan setiap hari Rabu para pegawainya menggunakan udeng khas Batu," bebernya.
Selain itu, lanjut dia, agar masyarakat Kota Batu bisa dengan mudah mendapat udeng tersebut menjual dengan harga terjangkau. Mulai dari Rp 70-120 ribu per bijinya.
"Kami juga berharap nantinya ada Perwali dalam penggunaan udeng khas Kota Batu. Misalnya setiap ada kegiatan seni budaya, pegawai pemerintah dan warga Kota Batu mengenakan udeng khas Batu sebagai wujud melestarikan budaya," pungkasnya. (eri/mp)



Loading...



MALANG POST - Senam