MalangPost - PSBB, Angka Laka Turun 60 Persen

Kamis, 09 Juli 2020

  Mengikuti :


PSBB, Angka Laka Turun 60 Persen

Kamis, 28 Mei 2020, Dibaca : 1401 Kali

MALANG – Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ternyata cukup efektif untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Terbukti selama PSBB berlangsung, kasus kecelakaan menurun hingga 60 persen. Salah satu faktornya karena banyak masyarakat yang beraktivitas di rumah.


Kasatlantas Polresta Malang Kota, Kompol Priyanto mengatakan, penurunan angka kecelakaan tersebut selama penerapan PSBB di bulan Mei. Kasus kecelakaan menurun ketika dibandingkan dengan kejadian di bulan April.


Sepanjang bulan April tercatat ada 13 kejadian. Yakni dengan korban meninggal dunia sebanyak 4 orang dan luka ringan sebanyak 14 orang. Sedangkan bulan Mei saat ada penerapan PSBB, menurun menjadi 7 kasus kecelakaan. Sementara korban meninggal dunia sebanyak 3 orang ddan luka ringan sebanyak 6 orang.
“Kasus kecelakaan menurun karena banyak masyarakat yang beraktivitas di rumah. Sedangkan kasus kecelakaan yang terjadi lantaran kelalaian dari pengendara,” jelas Priyanto.


Selain karena jumlah kendaraan di jalan raya yang berkurang, faktor lain yang membuat turunnya angka kecelakaan karena ada beberapa titik jalan yang diperketat. Termasuk berkurangnya volume kendaraan besar atau berat yang melintas di area black spot (jalur tengkorak).


Harapannya meskipun PSBB berakhir, angka kecelakaan tetap bisa terus ditekan. Karenanya Priyanto mengimbau masyarakat untuk patuh dan tertib selama berada di jalan raya. Tidak melanggar aturan lalulintas.
“Selama pandemic Covid-19, munkin alangkah baiknya warga tetap di rumah. Tidak keluar rumah kalau memang tidak mendesak. Selain itu juga harus waspada serta hati-hati di jalan raya,” tuturnya.(tea/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Amanda Egatya