MalangPost - Pertumbuhan Ekonomi Bakal Tumbuh Positif

Kamis, 16 Juli 2020

  Mengikuti :

Pertumbuhan Ekonomi Bakal Tumbuh Positif

Senin, 01 Jun 2020, Dibaca : 3870 Kali

MALANG - Kebijakan pemangku kebijakan di tengah pandemi memang memiliki peran krusial. Tidak hanya di bidang sosial kemasyarakatan, juga terhadap pertumbuhan ekonomi. Khususnya di Malang Raya, yang saat ini memasuki masa transisi New Normal setelah memberlakukan kebijakan PSBB.


Proyeksi pertumbuhan ekonomi dapat berjalan baik jika kebijakan yang dikeluarkan juga dijalankan dengan baik alias maksimal. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Malang, Azka Subhan, saat mengikuti Web Seminar Malang Post tentang New Normal Malang Raya.
"Pertumbuhan ekonomi Kota Batu rata-rata diatas enam persen. Pertumbuhan ekonomi Kota Malang dan Kabupaten Malang rata-rata di atas lima persen," jelas pria yang akrab disapa Azka ini.
Menurutnya jika kebijakan di bidang kesehatan, seperti PSBB dan kebijakan sosial ekonomi seperti pemberian bantuan sosial kepada masyarakat terdampak dapat berjalan baik maka pertumbuhan ekonomi akan tumbuh positif.
"Namun jika kebijakan kesehatan dan sosial ekonomi pemerintah tidak berjalan dengan baik, maka pertumbuhan ekonomi dapat berpotensi tumbuh negatif," paparnya.


Ia menegaskan pertumbuhan ekonomi Malang Raya bisa terdampak oleh pandemi Covid-19. Proyeksi pertumbuhan ekonomi di akhir 2020 bergantung pada kebijakan yang dijalankan oleh pemda di Malang Raya. Tidak hanya kebijakan yang dikeluarkan juga bagaimana implementasinya di lapangan harus dipastikan berjalan dengan baik. Utamanya kebijakan yang menyangkut perekonomian masyrakat di Malang Raya. (ica/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Francisca Angelina