Malang Post - Muncul Hanif Dhakiri di Bursa Cabup PKB

Senin, 30 Maret 2020

  Mengikuti :


Muncul Hanif Dhakiri di Bursa Cabup PKB

Senin, 24 Feb 2020

MALANG – Partai Kebangkitan Bangsa  (PKB) terus melakukan pendekatan kepada para figur yang dinilai memiliki popularitas dan elektabilitas. Tentu untuk diusung pada Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Malang. Kabar terakhir partai dengan lambang Bumi Sembilan Bintang ini berencana ngedrop tokoh nasional, untuk diusung dalam pesta demokrasi di Kabupaten Malang tersebut.


Jika sebelumnya PKB memanggil tiga tokoh, yaitu Lathifah Shohib, dr Umar Usman dan Ir. Didik Budi Moeljono, di Dewan Pimpinan Pusat (DPP).  Salah satu sumber Malang Post menyebutkan, tokoh nasional didatangkan untuk Pilkada Kabupaten Malang. Itu berdasarkan hasil analisa lawan, sebab Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mengusung incumbent untuk maju dalam Pilkada.
“Info terakhir, per malam ini (Malam minggu, red) ada kemungkinan (PKB) akan ngedrop tokoh nasional. Setelah dianalisa lawannya incumbent dan powerfull,’’ tulis salah satu sumber, salam pesan WA, Sabtu (22/2) malam.


Tokoh nasional yang jadi bidikan PKB adalah Muhammad Hanif Dhakiri. Dia adalah mantan Menteri Tenaga Kerja era Indonesia Kerja tahun 2014-2019.
“Malam ini masih diskusi panjang. Dan MHD (Muhammad Hanif Dhakiri) kelihatannya bersedia,’’ kata sumber tersebut.
Keterangan sumber ini dikuatkan dengan foto. Di mana dalam foto tersebut terlihat  Muhammad Hanif Dhakiri menggunakan baju putih duduk bersebelahan dengan Muhaimin Iskandar Ketua Umum DPP PKB. Dalam pertemuan itu, terkihat keduanya bergembira. Itu ditunjukkan dengan senyum yang terlihat di raut wajah masing-masing. Menurut sumber Malang Post, foto itu diambil di kediaman Muhaimin Iskandar, Sabtu (22/2) malam lalu.


Sementara itu Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Malang Choirul Ishaq, belum dapat memastikan kabar tersebut. “Kabarnya demikian. Itu di DPP,’’ kata Choirul.
Ketika dikonfirmasi Malang Post, Choirul mengatakan hanya mendapatkan informasi mantan Menteri Tenaga Kerja, Muhammad Hanif Dhakiri digadang-gadang sebagai calon Bupati Malang dari PKB Minggu (23/2) pagi .
“Kabarnya baru pagi tadi kami terima. Untuk info lainnya kami tidak tahu. Karena itu menjadi kewenangan DPP,’’ tambahnya.


Namun demikian, Choirul mengatakan, DPC siap mendukung siapapun calon yang nanti diberi rekomendasi oleh DPP untuk maju dalam Pilkada.
“Tugas kami di daerah ini hanya sebagai pelaksana tugas saja. Sementara untuk keputusan semuanya DPP yang berwenang. Dan di daerah kami juga wajib mendukung siapapun yang nanti dicalonkan,’’ urainya.
Lantaran itu juga, Choirul mengatakan jika sampai dengan saat ini PKB pun masih menunggu. Tidak terkecuali dengan koalisi. Sampai saat ini, dikatakan Choirul, PKB belum memilih dengan siapa akan berkoalisi. Dia kembali mengatakan untuk koalisi, itu juga menjadi kewenangan DPP. Dia tidak menampik pengurus di  daerah wajib melakukan komunikasi dan pendekatan politik dengan partai lain.
“Hanya sebatas itu. Hasil dari komunikasi dan pendekatan itu dilaporkan ke DPP. Selanjutnya DPP yang memutuskan,’’ tandasnya.


Disinggung dengan kekuatan PKB sendiri, Choirul mengaku sangat kuat. Dia juga menampik jika ada perpecahan kubu di PKB.
“Tidak ada itu (Perpecahan kubu). Sampai saat ini PKB sangat solid,’’ tambahnya.
Dia juga mengatakan, pengurus DPC juga melakukan pendekatan internal dengan pengurus di bawahnya. Komunikasi dibangun sejak lama, dengan tujuan untuk membuat partai ini solid.(ira/ary)

Editor : Bagus Ary Wicaksono
Penulis : Ira Ravika

  Berita Lainnya





Loading...