Kekuatan Research, Data dan Inovasi | Malang Post

Jumat, 06 Desember 2019 Malang Post

  Follow Us


Minggu, 03 Nov 2019, dibaca : 225 , vandri, linda

DIDIRIKAN delapan tahun lalu oleh beberapa orang dengan fokus kompetensi saling mendukung. Kini Profile Image Studio (PIS) terus memberikan level layanan superior. Tim yang solid merupakan salah satu kekuatannya.
Bergerak di bidang teknologi informasi, Profile Image Studio (PIS) menyediakan beberapa produk layanan sekaligus solusi. Mulai dari konsultasi sistem IT hingga pengembangan aplikasi berbasis website maupun mobile. Sejak 2011, startup ini menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat dengan pendekatan yang memfokuskan real solution berdasarkan research, data dan inovasi.
"Untuk itu kami menciptakan metode open inovation. Yakni saat membutuhkan solusi yang berpotensi untuk digunakan oleh orang atau perusahaan lain dan dipasarkan bersama. Sehingga investasi tersebut bisa kembali karena produknya dibeli dan digunakan oleh perusahaan lain," jelas CEO PIS, Amar Alpabet FZ.

   Baca juga : Berorientasi Service Based
Dalam perkembangannya, PIS memiliki lini produk hasil kolaborasi dengan klien yang solusinya digunakan oleh perusahaan lain. Di antaranya NusantaraGps.com, Dataproyek.id, serta Penidatrip.com dan kebromo.com.
NusantaraGps.com adalah sebuah platform tracking sistem dan manajemen armada yang sudah dipakai di seluruh Indonesia. Penggunanya mulai korporasi seperti PLN, perusahaan travel, armada pengangkut limbah maupun pengguna personal. Platform ini juga telah terhubung dengan server Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) RI sehingga terpercaya untuk armada pengangkut limbah.
Sedangkan Dataproyek.id merupakan sistem monitoring proyek. Sehingga bisa memantau perkembangan pengerjaan infrastruktur pemerintah maupun swasta. Pengguna platform ini dari banyak kalangan termasuk pemerintah daerah. Di antaranya Pemkot Pasuruan dan Pemkot Batu.
Tak hanya itu, PIS juga memiliki produk travel booking Penidatrip.com dan Kebromo.com yang sudah berjalan lebih dari dua tahun. Total pelanggan dua produk travel booking tersebut  
mencapai ribuan orang.
"Delapan tahun kami berdiri bukan berarti tanpa halangan, beberapa kendala juga menyertai perjalanan PIS di beberapa hal. Yang utama adalah persaingan mendapatkan tim yang kompeten," terang Amar.
Selain itu mempertahankan tim yang solid juga tak mudah. Tak jarang kejadian yang menimpa timnya, contohnya pembajakan tim dari perusahaan besar di Jakarta ataupun luar negeri. Terlebih saat ini Malang  menjadi salah satu ikon pengembangan industri teknologi informasi dengan sumber talent yang semakin baik.
Untuk itu, PIS membangun 10 timnya dengan pendekatan keluarga untuk menciptakan kerja sama yang solid. Dalam menjalankan pekerjaan tidak terlalu hirarkis guna menciptakan ruang komunikasi yang lancar.
"Tidak hanya kepada tim, terhadap klien pun kami selalu berupaya memberikan layanan dengan pendekatan komprehensif berdasarkan research, data dan inovasi kreatif. Tujuannya untuk memberikan lompatan baru bagi mereka yang berujung pada kepuasan para pelanggan," urainya.
Amar melanjutkan,  selama delapan tahun berdiri juga terdapat banyak klien paling mengesankan. Salah satunya saat mengerjakan aplikasi untuk komunitas berbasis mobile dan gamifikasi. Tantangan yang menyisakan kesan tersendiri yakni keterbatasan waktu, kurang dari satu bulan dan kompleksitas cukup tinggi dari klien tersebut.
"Pengalaman tersebut membuat kami terus optimis, bahwa Profile Image Studio terus tumbuh dengan kondisi tantangan berbeda-beda setiap tahunnya. Jika di awal kami berdiri kesulitannya ada di mendapatkan klien, namun sekarang ini jumlah klien banyak tetapi tantangan berubah menjadi kebutuhan talent dan funding," tandas Amar. (lin/van)



Selasa, 12 Nov 2019

Dua Startup Unicorn Tahun 2020

Loading...