Malang Post - Kapolresta Ajak Siswa Berani Lapor

Senin, 30 Maret 2020

  Mengikuti :


Kapolresta Ajak Siswa Berani Lapor

Selasa, 25 Feb 2020

MALANG – Mengantisipasi kasus kekerasan yang menimpa siswa sekolah, Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata blusukan ke sekolah-sekolah. Dengan memberikan sosialisasi terkait indikasi kasus kekerasan, utamanya terkait UU PPA No.35 Th.2013 tentang PPA  (Perlindungan Perempuan dan Anak), harapannya para siswa dapat mengetahui risiko akibat perundungan dan kekerasan yang dapat terjadi di sekolah.


Seperti Senin (24/2) , Kapolrestas beserta jajarannya berada di SMAN 4 Malang. Selain mengambil apel upacara, Kapolresta juga memberikan sosialisasi kepada para siswa.

 “Sosialisasi ini kami lakukan sebagai bentuk pembelajaran bagi siswa lainnya. Mulai dari strategi pencegahan kejahatan terhadap anak, pihak keluarga hingga lingkungan sekolah agar lebih peduli terhadap anak-anaknya,” kata Kapolresta Malang Kota Kombes Pol Leonardus Simarmata.
Menurutnya, perlindungan anak saat ini masih bersifat tradisional. Untuk itu, pemerintah, masyarakat dan keluarga harus hadir untuk memberikan perhatian. “Yang paling penting, hak anak untuk hidup, pendidikan, perlindungan orangtua hingga bantuan hukum, termasuk memberikan perlindungan khusus terhadap anak dan perempuan,” lanjut dia.
Dikatakannya, perlindungan tersebut bisa dilakukan terkait fisik, psikis, penelantaran hingga kekerasan yang kemungkinan dapat terjadi. “Apabila terjadi kekerasan atau pelecehan terhadap perempuan dan anak harus segera dilaporkan. Jangan takut,” tegas dia.
Leo menjelaskan, mekanisme penanganan kasus anak dengan adanya laporan, visum, penyidikan dengan kasus PPA. Kemudian, dilimpahkan dengan kejaksaan hingga dilakukan persidangan. “Agar permasalahan dapat ditangani dengan cepat dan diselesaikan dengan cara tepat,” lanjut dia.


Selain itu, Leo juga meminta para siswa untuk menghindari bahaya narkoba, tawuran dan balap liar. Sebab, hal tersebut berpotensi menimbulkan tindak kriminalitas. “Belajar yang rajin agar membanggakan orangtua dan bermanfaat bagi bangsa dan negara,” tandas dia.(tea/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Amanda Egatya

  Berita Lainnya





Loading...