Jangan Sepelekan Kulit Kusam

Jumat, 18 Oktober 2019

Sabtu, 07 Sep 2019, dibaca : 559 , Rosida, Amanda

CANTIK: Tampil dengan kulit cerah dan sehat tentu jadi idaman. Jangan sepelekan kulit yang terlihat kusam ya, Beauty Lovers.

MALANG - Beauty lovers, memiliki kulit kusam tentu gak enak banget dong. Untuk itu, kalian perlu banget mengetahui berbagai macam faktor penyebabnya. Mulai dari perawatan kulit yang salah, polusi udara, kurang olahraga, kurang tidur hingga pengaruh kulit tidak sehat. Apa saja pencegahan dan perawatan khusus untuk kulit kusam. Check this out!
Melansir dari Alo Dokter yang ditinjau oleh dr. Allert Benedicto Ieuan Noya, ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit kusam, tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli perawatan.
Pertama, rutin membersihkan wajah. Bagi perempuan aktif yang sering memiliki aktivitas di luar ruangan, disarankan untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali dalam satu hari, yakni pada pagi dan malam sebelum tidur.
“Hal ini dilakukan agar sisa kotoran yang menempel di kulit benar-benar terangkat, jangan lupa untuk mengaplikasikan toner,” terang dia.
Setelah wajah sudah benar-benar bersih, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap. Namun jangan sembarang memilih, gunakan sesuai dengan jenis kulit. Bagi yang memiliki kulit kering, pilih pelembap yang mengandung asam hialuronat, dimetikon,gliserin, dan lanolin. Sementara, untuk yang memiliki kulit berminyak, disarankan memakai pelembap wajah yang berlabel nonkomedogenik.
“Untuk kulit sensitif, pilih pelembap wajah yang hipoalergenik dan bebas pewangi karena lebih ramah di kulit,” jelas dia.
Selain pelembab, jangan lupa gunakan masker alami secara rutin. Ada beberapa bahan alami yang bisa menjadi referensi. Pertama, masker yang terbuat dari campuran buah pepaya dan nanas. Masker tersebut mampu mengangkat kulit kering dan kulit mati penyebab kulit kusam.
Untuk membuat masker ini, mencampurkan 1 sendok teh jus nanas segar ke dalam ¼ cangkir pepaya mentah yang telah dihaluskan. Aduk hingga keduanya tercampur rata lalu aplikasikan ke wajah dan leher selama 15-20 menit.
“ Jika perawatan ini dilakukan secara rutin sekali dalam seminggu, maka kulit akan terlihat lebih cerah dan bercahaya,” kata dia.
Selanjutnya, putih telur  juga bisa dijadikan sebagai bahan alami mencerahkan kulit kusam. Cara memanfaatkan putih telur sebagai masker cukup mudah. Kocok putih telur hingga mengembang dan oleskan secara merata ke kulit wajah. Tunggu sampai kering lalu bilas dengan air.
Selain itu, kunyit yang selama ini menjadi bumbu dapur juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kulit kusam. Untuk mendapatkan manfaat kunyit ini, campurkan 1 sendok teh kunyit dengan 1 sendok teh madu dan 1 sendok makan yoghurt. Aduk hingga tercampur sempurna dan aplikasikan ke wajah selama 15 menit dan bilas dengan air bersih.
“Kunyit mengandung antioksidan dan antiinflamasi sehingga dapat membuat tampilan kulit terlihat lebih kenyal, cerah, dan bercahaya,” urai dia.
Dia menambahkan, tahap terakhir untuk mengatasi kulit kusam adalah dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin. Eksfoliasi wajah akan mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, menyamarkan garis kerutan dan mencegah pori-pori tersumbat.
“Bagi yang memiliki kulit normal cenderung kering, disarankan untuk melakukan eksfoliasi 1-2 kali dalam seminggu. Sementara itu, untuk kulit kombinasi dan berminyak, eksfoliasi bisa dilakukan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu,” beber dia.
Eksfoliasi dapat dilakukan di klinik kecantikan ataupun di rumah. Bagi yang ingin melakukannya di rumah, Anda dapat memanfaatkan kopi bubuk. Caranya mudah, cukup campurkan ½ cangkir kopi bubuk dengan 1 cangkir gula merah, 2 sendok teh susu, dan 1 sendok teh madu. Campur hingga merata dan aplikasikan ke kulit wajah yang telah dibersihkan. Sosok secara perlahan setidaknya selama 3-4 menit, sebelum dibilas dengan air bersih.
Selain melakukan perawatan tersebut, lindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan mengoleskan sunblock. Paparan sinar matahari langsung dapat membuat tampilan kulit menjadi lebih kusam, bahkan membuat warna kulit tidak merata.
“Selain itu, juga disarankan untuk mulai menjalani gaya hidup sehat dengan cara  mengonsumsi makanan sehat, perbanyak konsumsi air putih dan rutin berolahraga,” tandas dia.
Dengan menerapkan kebiasaan ini, masalah kulit kusam dapat diatasi dengan baik, sehingga bisa tampil dengan kulit cerah. Bila merasa kesulitan merawat kulit kusam, konsultasikan perawatan yang tepat pada dokter kulit dan kecantikan. (tea/oci)



Sabtu, 28 Sep 2019

Singkirkan Kosmetik Kadaluarsa

Loading...