MalangPost - Hingga Benar-benar Aman

Kamis, 16 Juli 2020

  Mengikuti :

Hingga Benar-benar Aman

Senin, 01 Jun 2020, Dibaca : 699 Kali

Pelaksanaan kegiatan pendidikan untuk siswa di Jawa Timur dimulai Selasa 2 Juni 2020.  Proses belajar mengajar tetap dilakukan siswa di rumah masing-masing karena masih adanya pandemi Covid-19. Sebagai orang tua siswa, ada yang menginginkan pelaksaan kegiatan pendidikan dilakukan awal tahun depan hingga benar-benar selesai dari Covid-19.

 

Kalau saya masih lebih memilih belajar di rumah karena kalau misal wabah ini belum benar-benar bersih hilang, justru malah akan menimbulkan dampak yang lebih besar. Kecuali pemerintah sudah benar-benar menjamin jika pandemi Corona benar-benar sudah teratasi sehingga aman bagi anak-anak untuk masuk sekolah lagi.
Bukankah akan ada pergerakan orang tua yang mengantar anaknya ke sekolah? Dan akan ada kerumunan orang dalam jumlah besar waktu mengantar dan menjemput sekolah. Kayaknya ini juga perlu dipertimbangkan lagi buat pemerintah.


Terus terang saya sebagai orang tua sangat khawatir banget karna yang namanya anak-anak mereka pasti belum faham betul tentang bahaya Corona.  Tukar-menukar masker karena dirasa masker temennya itu lucu karakternya. Pakai sistem daring saja, tapi jangan tugas yang membebankan orang tua.

 

Tunggu Sampai Akhir Tahun

Kalau situasi sekarang saya rasa anak tidak ke sekolah atau cukup belajar dari rumah. Karena sikon di luar belum bisa dipastikan. Begitu juga protokol kesehatan.
Memang ada usulan menunda tahun ajaran sampai akhir tahun. Saya mendukung. Karena saya sungguh khawatir kalau anak-anak disuruh masuk tapi kondisi sekarang seperti ini. Misal upacara seperti biasa dan olahraga. Semua kegiatan itu sulit jaga jarak.


Buat kami orang tua akhirnya ya sudahlah ikut saja. Kita sendiri terbata-bata mendampingi belajar di rumah. Mereka juga bosan, sehingga tidak bisa memaksa mereka mengejar pelajaran. Ya harus banyak pertimbangan. Tidak usah ngoyo. Tapi menyesuaikan.(red/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Redaksi