Harus Mundur dari Sekda

Selasa, 15 Oktober 2019

Minggu, 08 Sep 2019, dibaca : 28758 , Vandri, Sisca

JABATAN sekretaris daerah (sekda) harus ditanggalkan Didik Budi Muljono ketika menjadi kontestan Pilkada Kabupaten Malang tahun depan. Aturannya sudah jelas. ASN pun tak boleh diseret-seret dalam politik.
 “Ya harus mengundurkan diri atau bisa mengajukan pensiun dini,” kata Kepala Biro Administrasi Pemerintahan dan Otonomi Setdaprov Jawa Timur, Indah Wahyuni kepada Malang Post.
Yuyunm sapaan akrabnya lalu menyebut aturannya tertera dalam Pasal 123 ayat (3) UU ASN.  Pengunduran diri ataupun pengajuan pensiun dini secara tertulis harus sudah dipegang oleh sekda saat mendaftarkan diri ke KPU oleh parpol pengusung.
Secara resmi surat pengunduran diri atau lepas jabatan ASN yang resmi harus ada setelah namanya ditetapkan KPU sebagai calon dalam Pilkada. Kemudian, kepala daerah mengajukan rekomendasi nama pejabat pengganti ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk diproses pemberhentiannya sebagai ASN secara resmi.
Yuyun menjelaskan, perlunya sekda mundur agar pemerintahan tak terganggu. Sebab, saat mencalonkan diri maka mereka harus membagi waktu antara tugas pemerintahan dan tugas politik. Juga menghindari adanya potensi penggunaan APBD untuk kepentingan kampanye.
“Ya semuanya kan hak, ASN bisa mencalonkan diri tak  apa-apa asal semua prosedur dijalankan. Paling tidak, saat mendaftar ke KPU sudah ada surat keterangan pengunduran diri sebagai ASN diproses,” pungkas Yuyun. (ica/van)



Selasa, 15 Okt 2019

Dua Laga Tanpa Hamka Hamzah

Loading...