Bisa Jadi Persaingan Tak Sehat

Jumat, 18 Oktober 2019

Minggu, 08 Sep 2019, dibaca : 876 , Vandri, ira

PERSAINGAN politik antara Sekda Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono dengan  Plt Bupati Malang, HM Sansusi berakibat pada roda pemerintahan kurang sehat. Hal ini disampaikan pengamat politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)  Dr. Wahyudi Winarjo M.Si. Dihubungi Malang Post, Wahyudi menyebutkan tidak sehatnya roda pemerintahan ini lantaran kedua pucuk pimpinan bersaing.
”Jadi begitu, baik sekretaris daerah maupun Plt Bupati harusnya seiring sejalan, dalam menjalankan roda pemerintahan. Mereka dalam satu kesatuan saat pemerintah mengambil kebijakan. Tapi karena adanya persaingan, dimana keduanya sama-sama memiliki kepentingan, maka akan berdampak pada roda pemerintahan. Istilahnya, roda pemerintahan berjalan sedikit tidak sehat,’’ katanya.
Friksi itu memang tidak terlalu keras. Tapi persaingan yang terjadi menjurus pada persaingan tidak sehat. “Keduanya menduduki posisi penting. Bupati sebagai kepala daerah, sedangkan sekda sebagai pejabat administrator tertinggi di birokrasi. Saat keduanya sama-sama maju pilkada, maka keduanya butuh dukungan,” kata dosen sosiologi politik FISIP UMM ini.
Indikasi persaingan akan terlihat dalam layanan pemerintahan. ”Itu bisa terjadi seseorang akan menggagalkan produk layanan, karena perbedaan pendapat politik. Namun  demikian, di Kabupaten Malang saya yakin tidak akan seperti itu,’’ tambah Wadir II Pascasarjana UMM ini.
Wahyudi juga menyebutkan bahwa mencalonkan diri itu merupakan hak masing-masing orang. Namun demikian, akan disayangkan jika dua pucuk pimpinan, kemudian bersaing, lalu mengabaikan layanan. Sementara ASN sendiri dikatakan Wahyudi harus patuh aturan. (ira/van)  



Minggu, 06 Okt 2019

Menunggu Bukti Atasi Banjir

Loading...