Bahaya Rebus Air Matang

Jumat, 18 Oktober 2019

Senin, 09 Sep 2019, dibaca : 1116 , aim, amanda

MALANG - Belakangan ini, di beberapa grup WhatsApp, beredar sebuah pesan berantai yang sempat menghebohkan masyarakat. Pesan tersebut berisi tentang merebus air yang sudah matang bisa berbahaya bagi tubuh. Air yang sudah direbus hingga suhu 100 derajat celcius itu apabila dipanaskan kembali akan menghasilkan kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Dalam pesan tersebut, juga terdapat imbauan agar masyarakat tidak mengulangi kebiasaan berbahaya itu.
Kandungan kimia tersebut adalah arsenik yang mampu menyebabkan keracunan dan melemahkan fisik secara perlahan, meski masuk ke dalam tubuh dalam dosis yang sedikit. Keracunan arsenik meliputi gangguan pencernaan, kulit, ginjal jantung hingga kanker. Sementara, nitrat bisa berubah menjadi racun bila terkena panas yang sangat tinggi. Saat nitrat terkena suhu tinggi maka akan terkonversi menjadi nitrosamine, senyawa yang bersifat karsigonetik penyebab kanker. Sedangkan fluoride yang ada di dalam air minum bisa menyabkan perkembangan otak anak menjadi lemah.
Kabar tersebut tentunya menimbulkan keresahan masyarakat. Namun, setelah ditelusuri, kabar tersebut tidak benar alias hoax. Kepala Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Agus Haryono mengatakan, secara umum proses pemanasan bisa menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Sehingga, proses tumbukan antar zat dalam suatu media akibat dari suatu pemanasan. "Hal tersebut bisa terjadi jika dalam media tersebut telah tersedia beberapa zat yang siap untuk bereaksi," kata Agus.
Dalam kabar tersebut, yang dimaksud adalah merebus air putih di mana tidak ada zat yang siap bereaksi. Kandungan kimia air putih tidak berbahaya bagi tubuh. "Dalam hal air putih, pada awal mula memang tidak ada zat pereaksi. Sehingga tidak mungkin suatu zat bisa timbul begitu saja, tanpa ada penambahan di awal reaksi. Proses pemanasan pertama, kedua maupun dan seterusnya tidak akan bisa menghasilkan suatu zat baru," jelas Agus.
Sementara, terkait bahan kimia seperti flouride, nitrat dan arsenik yang dikabarkan muncul setelah proses pemanasan ulang air yang sudah masak, Agus memastikan bahan kimia tersebut tidak akan bisa muncul di air putih kecuali memang sengaja ditambahkan. "Jadi cerita itu tidak benar dan dipastikan hoax," tegas dia.(tea/lim)



Kamis, 17 Okt 2019

Sel Kanker Takut Bawang Putih

Rabu, 16 Okt 2019

Putri Raja Salman Tak Berhijab

Loading...