ASN Harus Lebih Peduli HAM | Malang Post

Sabtu, 16 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Selasa, 15 Okt 2019, dibaca : 276 , aim, sisca

MALANG – Peningkatan pemahaman terkait Hak Asasi Manusia (HAM) di lingkungan Pemkot Malang terus dilakukan, meski Kota Malang telah meraih penghargaan Penghargaan Kota Peduli HAM akhir tahun lalu.
Hal ini terlihat dalam kegiatan pembinaan HAM terkait pelaporan rencana aksi HAM dan peduli HAM tahun 2019. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bagian Hukum Setda Kota Malang ini menekankan pada pengetahuan terkait HAM yang dapat diselaraskan dalam kebijakan Pemda.  Sekda Kota Malang Drs Wasto menyampaikan, pendidikan HAM kepada masyarakat dapat dengan baik dilakukan jika pemegang kebijakan mengetahui lebih dahulu.
“Artinya disini seluruh komponen masyarakat harus tahu dan sadar mereka memiliki HAM yang dapat diperjuangkan sebagai bekal mereka hidup sejak dini," ujar Wasto disela-sela kegiatan dalam memberikan sambutan di di Hotel Regent Malang.
Dijelaskannya, ketika hak-haknya direnggut dan bahkan diabaikan oleh orang lain, warga dengan sendirinya dapat membela diri.  Secara lebih spesifik, pendidikan berbasis HAM diharapkan akan membawa kesadaran baru di masyarakat tentang pentingnya menghargai setiap individu berdasarkan hak asasi bawaan masing-masing.
"Melalui kegiatan ini, saya harapkan mampu menjadi wahana guna memupuk rasa kebersamaan antara pemerintah dengan seluruh komponen masyarakat Kota Malang dalam rangka membentuk kesadaran untuk berkewajiban, bertanggungjawab dan berjuang atas pemenuhan hak-hak manusia,” jelasnya.
Wasto juga berharap, melalui kegiatan ini pula dapat  meningkatkan perlindungan, pemenuhan, penegakan dan kemajuan HAM bagi seluruh lapisan masyarakat di Kota Malang.  Nantinya akan diimplementasikan nyata dalam bentuk kebijakan pemantauan, evaluasi dan pelaporan.
“Adanya pemahaman rencana aksi nasional hak asasi manusia yang baik,” tegasnya dalam kegiatan yang diikuti ASN di lingkungan Pemkot Malang, unsur kelurahan dan Tim Ranham/ Peduli HAM sebanyak 65 orang peserta.
Kabag Hukum Setda Kota Malang, M Tabrani mengatakan, kegiatan ini bertujuan agar dapat dijadikan sebagai sarana sinergitas.  Sehingga dapat menyamakan persepsi terkait data-data berperspektif  HAM dari stakeholder agar melancarkan pelaksanaan pelaporan aksi HAM. (ica/aim)



Loading...