MalangPost - Antisipasi Virus, Sterilisasi Kucing Jalanan

Kamis, 16 Juli 2020

  Mengikuti :

Antisipasi Virus, Sterilisasi Kucing Jalanan

Minggu, 01 Mar 2020, Dibaca : 9588 Kali

MALANG – Menekan jumlah kekerasan pada hewan, khususnya kucing di wilayah Malang Raya, 109 kucing yang kerap berkeliaran tanpa rumah di sterilkan. Yayasan Adopsi Hewan Indonesia atau Let’s Adopt Indonesia (LAI) melakukan sterilisasi di Klinik Hewan Inaland Pet Care Lowokwaru, Kota Malang, Sabtu (29/2) .


Kucing-kucing liar (stray cat) yang dikumpulkan sebelumnya diberi perawatan kemudian di sterilkan.  Koordinator Project Steril Bareng LAI, Carolina Fajar menjelaskan, jumlah kucing terus bertambah diiringi angka kekerasan pada hewan yang terus naik.
“Steril ini akan dilakukan rutin untuk mencegah overpopulasi kucing yang dapat meresahkan masyrakat. Tentunya kegiatan ini tidak bisa dibebankan pada pemerintah saja, tapi perlu peran dari masyarakat dan mereka yang peduli,” kata  Carolina Fajar kepada Malang Post.
Dijelaskannya, hal ini dilakukan secara terstruktur dengan menggaet 7 komunitas penggiat steril, dari LAI, Rumah Steril, Soulcare.cat, Steril Malabar Bogor, SterilDonk!!, Stray Cat Defender dan PKDI Malang.  Kegiatan ini dilakukan dengan sistem atau proyek TNR (Trap-Neuter-Release/Tangkap-Steril-Lepaskan kembali ke tempat tangkap awal).
“Hari ini  ada 109 kucing yang bisa di sterilkan. Kemudian akan dilepaskan lagi,” papar Carolina.


Menurutnya, hal ini dilakukan pula karena adanya keresahan masyarakat yang khawatir kucing jalanan dapat menyebarkan penyakit Toksoplasmosis. Yaitu bisa menyebabkan gejala flu dan komplikasi serius bagi orang yang sistem imunnya rendah. Bagi perempuan hamil, Toksoplasmosis bisa berdampak bayi lahir buta atau mengalami kerusakan otak.


Ditambah lagi, banyak yang merasa terganggu oleh bau tidak sedap yang ditimbulkan dari kotoran kucing. Oleh karena itu, #ProjectSterilBareng terbentuk dengan misi mencegah overpopulasi dengan sterilisasi, agar masyarakat dan kucing tetap dapat hidup berdampingan dengan harmonis.
“Kami melakukan penggalangan dana lewat platform Kitabisa.com. Untuk membantu kucing-kucing jalanan di kota manapun. Kami bertugas agar bisa disteril dengan gratis, karena mereka tidak berpemilik. Mereka disteril agar tidak lagi melahirkan bayi-bayi kucing yang tidak diinginkan, sekaligus agar menjadikan kondisi mereka menjadi lebih sehat,” pungkasnya. (ica/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Francisca Angelina