Dari Amerika Rindukan Kabah

Rabu, 16 Oktober 2019

Selasa, 17 Sep 2019, dibaca : 672 , rosida, mp

MALANG - Dosen Prodi Hukum Keluarga Islam, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Pradana Boy ZTF., Ph.D kembali menerbitkan buku kumpulan tulisan teranyarnya. Pradana yang kini juga berstatus sebagai asisten staf khusus kepresidenan bidang keagamaan internasional berhasil menerbitkan buku berjudul "Dari Amerika Kurindukan Ka'bah". Berisikan catatan penulis saat menjalankan tugas di Amerika Serikat.

“Buku ini ditulis ketika mengikuti kursus singkat di University of Massachusetts pada Juni-Agustus 2017. Tujuh universitas yang dikunjungi ialah University of Massachusetts Amherst, Harvard University, Massachusetts Institute of Technology (MIT), Trinity College, Yale University, Shippensburg University, dan Shepherd University,” ungkap Pradana dirilis Humas UMM.

Buku yang ditulis pria yang menempuh studi doktoralnya di Australian National University ini memuat kisah-kisah menarik nan unik. Dikemas dengan gaya berkisah, pembaca dibawa hanyut dalam samudera petualangan yang tak surut. Seolah-olah nyata dan pembaca seakan mengalaminya sebagai fakta. Sesekali penulis mengajak pembaca berpikir. Sesekali bercerita tentang pergulatan batin Pradana yang pelik.

Buku ini memuat 18 tulisan dari kunjungannya ke 7 negara bagian dan 17 kota di Amerika Serikat selama 6 minggu. Judul buku "Dari Amerika Kurindukan Ka’bah" terinspirasi dari sebuah kejadian unik yang Pradana alami ketika Ia salat menghadap ke barat, padahal dari Amerika Serikat seharusnya kiblat berada di sebelah timur sehingga kejadian tersebut diabadikan sebagai judul dari buku bersampul hitam ini.

Ia juga menertawakan kenaifannya sembari menawarkan pengetahuan baru tentang Amerika yang belum tentu semua orang mengetahuinya. Sudut-sudut New York, Boston, Washington DC, Hartford dan kota-kota lain di AS seperti hidup dan nyata di depan mata. Buku tersebut kadang tampil sebagai catatan perjalanan, sesekali muncul sebagai goresan sejarah, dan kala lain tampil dalam rekfleksi filosofis dan ilmiah. (oci)



Selasa, 15 Okt 2019

Timnas Makin Terpuruk

Selasa, 15 Okt 2019

Belajar Sabar dan Bijaksana

Loading...