MalangPost - Tadarusan Alquran dan khataman Sangat Dianjurkan

Kamis, 09 Juli 2020

  Mengikuti :

Tadarusan Alquran dan khataman Sangat Dianjurkan

Senin, 18 Mei 2020, Dibaca : 4131 Kali

Setiap hari puasa wajib. Menjaga salat berjamaah setiap waktu, tidak lupa melaksanakan sunnah rowatib terlebih dahulu juga istiqomah melaksanakan solat sunnah fajar. Usai subuh berjamaah, dilanjutkan dzikir pagi hingga masuk Dhuha. Kemudian melaksanakan salat sunnah Dhuha.
Menjelang berbuka, bukan hanya berdoa, namun juga mensegerakan berbuka agar mendapat pahala sunnah. Itu-pun masih dipersoalkan, karena doanya tidak sesuai dengan tuntunan Rasulullah SAW. Malam mengerjakan salat Tarawih 20 rakaat, dan ditutup dengan witir. itu juga masih dipersoalkan, katanya Rasulullah SAW salatnya hanya 8 rakaat.


Malamnya bangun untuk melaksanakan salat Tahajjud. Tadarusan Alquran dan khataman bersama-sama. Ternyata juga ada yang mempersoalkan, karena tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Umat Islam Indonesia paling suka berbagi takjil kepada sesama setiap sore, karena mengamalkan sunnah Rasulullah SAW.


Belum lagi ratusan sunnah Rasulullah SAW yang dilaksanakan sebelum tidur hingga mau tidur lagi. Kemudian ujuk-ujuk, ada yang berkata "Tadarusan saling mendengarkan Alquran" bukan sunnah Rasulullah SAW.
Sore hari, juga ngaji hadis-hadis Rasulullah SAW bersama para guru, baik kitab Bukhori, Muslim, Arbain Nawawi, Fikih dengan harapan mendapat berkah bulan suci Ramadan. Jika dihitung, berapa banyak sunnah yang dikerjakan di Bulan suci Ramadan. Kadang itu-pun masih dipersoalkan, karena belum mau mendirikan Khilafah.


Kadang masih di soal, gegara setiap hari memakai sarungan dengan alasan tidak ada zaman Rasulullah SAW. Sungguh sesuatu diluar dugaan. Membaca Alquran semaan, di bid’ah kan karena tidak ada tuntunan.
Betapa ribetnya beragama menurut mereka, padahal Rasulullah SAW itu begitu menyenangkan dan ramah kepada pengikutnya. Allah SWT berfirman "Allah menghendaki kalian kemudahan dan tidak menghendaki kesulitan,” (Q.S. al-Baqarah [2] : ??185).
Rasulullah SAW berkata ?“Apabila aku perintahkan kepada kalian mengerjakan suatu perkara, maka laksanakanlah semampu kalian,” (HR. al-Bukhari-Muslim). (*)  

Editor : Redaksi
Penulis : Abdul Adzim