KKNI Antarkan Unidha Go International | Malang Post

Minggu, 19 Januari 2020 Malang Post

  Mengikuti :


Jumat, 06 Des 2019,

MALANG - Universitas Wisnuwardhana (Unidha) semakin aktif di dunia internasional. Untuk memperkuat eksistensinya di kancah dunia, Unidha membentuk Kantor Kerjasama Nasional Dan Internasional (KKNI). Lembaga tersebut telah terbentuk sejak September lalu dengan SK Rektor.
Ketua KKNI Universitas Wisnuwardhana, Heni Masruroh, M. Sc mengatakan, KKNI dibentuk dengan tujuan untuk membawa kampus Unidha ke tingkat internasional.
"Karena kita menyadari bahwa Unidha saat ini sudah menjadi  bagian dari masyarakat internasional," ucapnya.
Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut yakni dengan memperkuat hubungan kerja sama luar negeri. Diantaranya berupa student and lecture exchange, join degree dan research. Semua program tersebut akan digagas dan ditingkatkan oleh Universitas Wisnu Wardhana melalui peran KKNI.
Meskipun baru diresmikan September lalu, namun Unidha sudah tancap gas. Beberapa program kerjasama internasional sudah terlaksana dalam tiga bulan terakhir.
Bulan September lalu, Unidha mengirim dua mahasiswa dan dua dosen ke China dalam student and lecture exchange. Yaitu ke kampus Mianyang University. Sebagai timbal balik, mahasiswa dan dosen dari Mianyang University akan berkunjung dan belajar di Unidha pada Bulan Maret 2020 mendatang.
Sebelum ke China, Unidha telah membuat kesepakatan yang tertuang dalam MoU dengan International Cultural Communication Center Malaysia (ICCCM). Diantara klausul yang disepakati dalam MoU tersebut antara lain berisi kerjasama di bidang akademik, termasuk joint research dan joint degree.
Beberapa waktu lalu, Rektor Unidha Prof. Dr. Suko Wiyono, MH juga berangkat ke India, yaitu berkunjung ke Delhi Technological University, dengan tujuan yang sama untuk memperkuat kerjasama dengan universitas terkait.
Sementara di lingkup Nasional, KKNI Unidha juga telah melakukan satu langkah strategis untuk memperkuat jaringan antar kampus. Diantaranya dengan seluruh Perguruan Tinggi Swasta di Jawa Timur. Jaringan tersebut saat ini telah terkoneksi dengan Aptisi VI wilayah Jawa Barat.
"Yang terbaru kami mengadakan seminar internasional dengan mendatangkan pemateri dari Oxford University yang sudah kami laksanakan bulan lalu," ungkap Heni.
Saat ini, KKNI Unidha tengah proses pelaporan ke Menristek Dikti. Dengan harapan kedepannya akan banyak program-program unggul yang menjadi terobosan untuk meningkatkan peran Unidha di tingkat nasional maupun internasional.
"Harapan kami tahun depan bisa mendapat beasiswa dari Dikti untuk program exchange berikutnya," ujar lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) ini.
Secara structural, KKNI sendiri dari beberapa bidang. Yaitu bidang Kerjasama Dalam Negeri (KDN), Kerjasama Luar Negeri (KLN) serta ada badan penguatan internalisasi Lembaga, yang fokusnya pada penguatan lembaga KKNI. Misalnya akses beasiswa, peningkatan kemampuan Bahasa Inggris dan lain sebagainya.
“Target saya kami tahun depan bisa mengirimkan lebih banyak lagi dosen dan mahasiswa untuk program exchange yang dibiayai oleh lembaga donor daik dari Dikti dan lain-lain,” pungkasnya. (imm/oci)

Editor : Rosida
Penulis : Imam






LOWONGAN KERJA

Loker

WEB HOSTING HANDAL

ArdetaMedia

INTERNET STABIL dan MURAH

BestNet
Loading...