MalangPost - Kapolres Resmikan Kampung Tangguh Ardirejo

Senin, 06 Juli 2020

  Mengikuti :


Kapolres Resmikan Kampung Tangguh Ardirejo

Selasa, 02 Jun 2020, Dibaca : 1074 Kali

MALANG – Kampung Tangguh di Kabupaten Malang terus bertambah. Terbaru di Jalan Adi Santoso, Kelurahan Ardirejo Kecamatan Kepanjjen. Kampung Tangguh ini diresmikan langsung oleh Kapolres Malang AKBP Hendri Umar, Selasa (2/6).
“Kampung Tangguh yang ada di Ardirejo ini cukup komplit dan spesial. Ada struktur organisasi yang jelas dan masing-masing paham apa yang harus diperbuat,” ucap Hendri Umar.


Menurutnya fasilitas penanganan Covid-19 di Kampung Tangguh Jalan Adi Santoso sudah memiliki pos check point, posko kesehatan dan pos sembako. Kampung Tanguh adalah bentuk kemandirian masyarakat. Apabila ditemukan warga yang memiliki gejala Covid-19, maka akan diisolasi di tempat yang sudah disediakan di Kampung Tangguh.
"Warga juga punya kupon senyum. Kupon itu bisa digunakan warga tidak mampu untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Kesehatan juga sudah dibuatkan SOP dengan jelas disana. Ada pos pengaduan, jadi jika ada temuan masalah, seperti pemakaman untuk warga terdampak dan masalah lain yang membutuhkan bantuan warga lain, bisa dimanfaatkan secara maksimal," terangnya.


Hendri pun memuji kesiapan Kampung Tangguh Jalan Adi Santoso itu dalam mengantisipasi pandemi Covid-19. “Ini benar-benar mencerminkan kemandirian, ketangguhan, dan kemampuan kampung untuk menghadapi ancaman dari luar. Jadi bukan hanya Covid-19, masalah lainnya pun mereka sudah siap," urainya.


Ketua Kampung Tangguh Jalan Adi Santoso,  Budiarso Engga, mengatakan ada tiga item di Kampung Tangguh. Pertama faktor keamanan, yaitu dengan memberikan stiker kepada masyarakat bahwa benar wwarga Jalan Adi Santoso. Kedua faktor kesehatan, yaitu dibentuknya Posko Kesehatan.
“Ketiganya adalah pokos sembako, yaitu dengan memberikan kupon senyum kepada masyarakat yang tidak mampu,” katanya.


Camat Kepanjen Abai Saleh mengatakan, bahwa dengan terbentuknya Kampung Tangguh Ardirejo, pihaknya akan membantu 200 masker dan berar. Termasuk berkoordinasi dengan perusahaan di Kepanjen untuk membantu operasional Kampung Tangguh.(agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Redaksi