MalangPost - Kades Diminta Jangan Sembunyikan Data

Senin, 10 Agustus 2020

  Mengikuti :

Kades Diminta Jangan Sembunyikan Data

Senin, 06 Jul 2020, Dibaca : 3108 Kali

BATU –  Wakil Walikota Batu Punjul Santoso meminta para kepala desa (Kades)  di Kota Batu tidak  alergi jika didatangi pekerja jurnalis. Asalkan jurnalis yang akan wawancara benar-benar sebagai wartawan yang bertugas mencari berita.

Punjul menegaskan para kepala desa agar jangan menutup-nutupi data yang ada di wilayah kerjanya. ‘’ Kalau ada wartawan yang datang itu bisa welcome, kalau dia minta data ya monggo. Tidak perlu disembunyikan,”  kata Punjul saat memberi sambutan  di acara  Forum Jurnalis Kota Batu (FJKB), Sabtu (4/7/2020).

Punjul mengatakan berdasarkan undang-undang keterbukaan informasi  wajib bagi pejabat  pemerintahan desa maupun kota untuk memberikan data.  Demikian halnya bagi wartawan dalam penulisan mengacu pada kode etik jurnalistik dan undang-undang pers.

Diakui Punjul banyaknya wartawan yang mencari berita  di pedesaan  terkadang   meresahkan para kepala desa.  Karena kedatangan para wartawan tersebut ada menjalankan profesinya sebagai jurnalis dan ada yang hanya sekedar mencari kesalahan pejabat.

Dengan adanya forum diskusi yang diinisiasi Forum Jurnalis Kota Batu (FJKB) bersama Asosiasi Pemerintah Desa dan Kelurahan (Apel) Kota Batu, menurut Punjul dapat memberikan bekal kepada para kades dan lurah tentang kinerja jurnalis sesuai dengan kode etik jurnalistis.

Selain  Wawali Batu, diskusi menghadirkan nara sumber dari kepolisian dan kejaksaan yang membahas tentang aspek hukum.  Sementara perwakilan FJKB menyampaikan materi kode etik jurnalistik .

 “Kami memberikan apresiasi terutama kepada teman-teman wartawan Kota Batu yang berkabung dalam dalam FJKB yang memfasilitasi diadakannya forum diskusi,”  kata Punjul Santoso.

Menurut Punjul, diskusi tersebut untuk membedah kegamangan para  kepala desa, lurah, dewan perwakilan rakyat daerah, pemerintahan kota, terkait ulah oknum yang mengatasnamakan wartawan saat meliput di lapangan. (rak)

Editor : Redaksi
Penulis : Raka