MalangPost - Gawat! Stok Darah Menipis, Ketua DPRD Ajak ASN Donor

Senin, 06 Juli 2020

  Mengikuti :


Gawat! Stok Darah Menipis, Ketua DPRD Ajak ASN Donor

Selasa, 02 Jun 2020, Dibaca : 1032 Kali

MALANG – Gawat! Pandemi Covid-19 stok darah di PMI Kabupaten Malang menipis. Bahkan Selasa (22/6) pagi jumlah darah hanya tersisa 19 kantong. Rinciannya 1 kantong untuk golongan darah A, 6 kantong golongan darah O serta 12 kantong golongan darah AB.
“Untuk golongan darah B kami sudah tidak ada stok lagi,” kata Kepala Bagian Pelayanan Unit Tranfusi Darah (UTD) Kabupaten Malang, Hartani kepada Malang Post.


Menipisnya stok darah itu terjadi sejak usai Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Jumlah pendonor darah sangat minim. Sementara untuk kebutuhan darah pasien di sejumlah rumah sakit, terpaksa mengarahkan ke UTD PMI Kota Malang.
“Karena setiap hari ada permintaan darah dari sejumlah rumah sakit. Stok kami menipis, sehingga supaya kebutuhan darah terpenuhi, kami mengarahkan ke PMI Kota Malang,” tambahnya.


Hartani mengatakan, untuk mencukupi stok, kemarin UTD sampai mengambil darah di PMI Surabaya. “Hari ini (kemarin, red) kami mengambil 250 kantong. Sekarang masih perjalanan dan darah tersebut untuk memenuhi kebutuhan pasien di rumah sakit,”tambah Hartani.


Menipisnya stok darah di UTD PMI Kabupaten Malang, kemarin langsung mendapat respon Ketua DPRD Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto. Pria yang juga sebagai Ketua Forum Komunikasi Pendonor Darah di Atas 75 Kali Kabupaten Malang ini, langsung datang ke UTD PMI Kabupaten Malang untuk mendonorkan darahnya. “Terus terang cukup prihatin dengan kondisi ini,”  kata Didik.


Tidak sekadar mendonorkan darah,  Didik juga mengajak seluruh Aparatur Sipil Negera (ASN) untuk mendonorkan darahnya. “Di sela-sela WFH (Work Frim Home), ASN di satuan kerja Pemerintah Kabupaten Malang bisa mendonorkan darahnya,” kata pria yang mengaku sudah mendonorkan darahnya sebanyak 102 kali ini.


Didik mengatakan ajakan ini supaya kebutuhan darah di Kabupaten Malang terpenuhi. “Banyak pasien yang membutuhkan darah. Karenanya saya mengimbau seluruh kepala daerah Malang Raya supaya mau mengarahkan ASN mau donor darah,” tandasnya.(ira/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Ira Ravika