MalangPost - Dapur Umum Malang Peduli Umat Lintas Komunitas, Bagikan Nasi untuk Buka Puasa Setiap Hari

Senin, 06 Juli 2020

  Mengikuti :


Dapur Umum Malang Peduli Umat Lintas Komunitas, Bagikan Nasi untuk Buka Puasa Setiap Hari

Jumat, 08 Mei 2020, Dibaca : 5571 Kali

MALANG - Puluhan komunitas bergabung mendirikan Dapur Umum Malang Peduli Ummat memberikan kedermawanannya kepada masyarakat kurang mampu yang menjalankan ibadah puasa. Yaitu dengan menyiapkan menu makanan siap saji berupa nasi kotak untuk berbuka puasa, Jumat (8/5).
Komunitas ini memberikan 800 nasi kotak untuk berbuka puasa bagi masyarakat di kampung penampungan yang didominasi pemulung dan pengemis di Tanjung Putra Yudha II, Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang.


Koordinator Dapur Umum Malang Peduli Ummat Lintas Komunitas, Agus Budianto mengatakan, dapur umum yang berdiri ini untuk melayani masyarakat kurang mampu. Menurutnya, dapur umum ini berdiri di tiga lokasi, yang pertama dapur umum di Kota Malang yang berada di Jalan Pahlawan Balearjosari Blimbing. Kemudian yang kedua berada di Kecamatan Poncokusumo. Sedangkan dapur umum yang ketiga berada di Donomulyo, untuk melayani masyarakat kurang mampu di Malang Selatan.
“Setiap harinya kami menyajikan ratusan nasi kotak buka puasa bagi masyarakat tidak mampu. Dengan harapan bisa memberikan kepedulian terhadap mereka,” ungkap Agus, sapaan akrabnya kepada Malang Post.


Sementara itu Anggota DPRD Kota Malang H Rokhmad yang turut hadir dalam acara itu menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu gerakan gotong–royong dari lapisan komunitas masyarakat yang peduli dalam menanggulangi wabah virus Corona.
“Sesungguhnya siapa yang berbuat baik, baik dari sedekah harta akan berlimpah harta, sedekah senyum akan awet muda, sedekah tenaga akan sehat. Ayoo kita perangi Covid-19 ini bersama-sama dengan  hati yang ikhlas,” ujar H Rokhmad.


Sementara itu, Lurah Tanjungrejo Heni Karsanto mengaku senang dengan kehadiran Dapur Umum Malang Peduli Ummat Lintas Komunitas di kampung Tanjung Putra Yudha II ini. Apalagi, mayoritas penghuninya di wilayah ini merupakan kaum duafa.
“Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya yang telah mengorbankan waktu, tenaga dan sedikit hartanya untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19 ini. Semoga apa yang dilakukan dalam kegiatan ini menjadi berkah,” ungkapnya.


Dapur Umum Malang Peduli Ummat Lintas Komunitas ini di inisiasi oleh Pesantren Bisnis Indonesia. Kemudian didukung juga oleh Baitul Maal Hidayatullah (BMH), SiJum, Gerakan Sedekah Jumat (GSG) dan lain sebagainya. (mp4/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Agiem Cristian