Api Tungku Bakar Rumah | Malang Post

Rabu, 20 November 2019 Malang Post

  Follow Us


Sabtu, 12 Okt 2019, dibaca : 570 , halim, fino

MALANG - Kebakaran melahap rumah Heri, 65, warga Desa Wonokerso, RT 09 RW 02 Kecamatan Pakisaji, Jumat pagi. Akibatnya, sebagian besar perabot di dapur gosong akibat dimakan api. Tak hanya itu, atap kediamannya ikut ambrol karena kerangka yang memuai akibat tak kuat menahan panas api.
Kasi Penanggulangan Kebakaran (PK) Bidang PPBK Satpol PP Kabupaten Malang, Agus ‘Ambon’ Suyanto mengungkapkan, laporan kebakaran di Pakisaji, masuk pagi hari setelah apel. “Sekitar pukul 09.05, kami menerima laporan masuk, ada kebakaran di Wonokerso Pakisaji,” ujar Ambon kepada Malang Post, Jumat siang.
Berdasarkan laporan ini, tim Damkar Kabupaten Malang langsung meluncur ke lokasi. Tim Damkar berangkat dengan tiga unit mobil pemadam menuju Pakisaji. Dalam waktu kurang dari 15 menit, petugas Damkar tiba di lokasi. Petugas disambut dengan kondisi rumah yang sudah terpapar api.
Bagian atap dapur rumah Heri, ambrol. Genteng rumah berserakan di dapur. Tak hanya itu, petugas juga mendapati bagian dapur rusak berat karena api ini. Beruntung, bagian rumah lain tidak sampai terpapar api. Petugas Damkar Kabupaten Malang langsung melakukan pembasahan.
Dengan tujuan, mendinginkan sekitar lokasi. Bagian atap dibiarkan terbuka, supaya sisa panas akibat kebakaran tak lagi merusak bagian rumah lain. Setelah pembahasan dan pendinginan, petugas melakukan pencarian sumber api. Dari hasil pencarian di lokasi, petugas berhasil menemukan indikasi penyebab kebakaran.
“Diduga kuat, indikasi sumber api berasal dari tungku yang mengenai bahan mudah terbakar. Api merambat dan merusak dapur rumah korban,” sambung Ambon. Setelah memastikan tidak ada titik api baru, petugas Damkar Kabupaten Malang meninggalkan lokasi dan kembali ke markas di Pendopo Kabupaten Malang.
Meski demikian, Ambon mengimbau warga untuk tidak segan menelepon ke Damkar terdekat apabila melihat terjadi kebakaran. Selain tidak dipungut biaya, laporan dari warga sangat penting supaya petugas Damkar bisa bergerak secepat mungkin dan menanggulangi api sedini mungkin.(fin/lim)



Selasa, 19 Nov 2019

Penghuni Kos Tewas Telanjang

Loading...